Saturday, July 23, 2016

BURUNG KONCER di lapangan, ini Rahasianya,, MEMAHAMI KARAKTER BURUNG KESAYANGAN

karakter Burung.= >> sebagian dari kita yang berkecimpung dalam dunia kicau terutama lovebird mania pemahaman karakter burung menjadi peran sentral dalam merawat burung menjadi burung Jawra nantinya.  

Butuh sedikit kesabaran dan ketekunan dalam mamahami karakter burung, hal ini merupakan suatu keterapilan sahabat kicau mania, apa lagi Lovebird, bagaimana dia memahami burung dan keinginan burung sehingga burung dapat bekerja maximal di arena lomba. 

Ada beberapa factor dalam merawat dan menjadikan burung itu berprestasi :

1. Pemilihan Bahan yang tepat (untuk burungkenari bisa di baca disini)
2.  Pemahaman Karakter
3. Tahap Pemasteran yang tepat
4. Perawatan/settingan yang tepat 
5. tekun dan sabar



Pemahaman karakter merupakan peran paling sentral dalam rangkaian tahapan mencetak seekor burung juara? Karena ini adalah tahapan tersulit, terlama, dan termahal . Yang menguji kesabaran, ketekunan, ketelatenan dan tentu saja kecerdasan kita. Proses yang Berurusan dengan makhluk hidup adalah mengenai Psikologi “Pikiran & Hati/Perasaani”.
Sebagai Kicaumania kita wajib dan harus bisa memahami dan mengerti apa dan bagaimana karakter burung yang kita punya. Karena kunci sukses dari seorang kicaumani adalah tau karakter jagoan mereka. Sebagian dari sahabat kicau mania lebih memilih cara instan, yaitu meminta setingan burung kepada yang di anggap lebih tahu, padahal setiap burung punya karakter masing masing dan tentunya punya setingan masing masing. Bagi pemula memang di anjurkan untuk bertanya kepada para senior sahabat kicau mania, namun ingatlah SETIAP BURUNG PUNYA KARAKTER MASING MASING .
Saya katakan pemahaman karakter adalah kunci! . Karena dengan pemahaman karakter akan menentukan dan menemukan pola perawatan harian dan settingan lomba yg tepat untuk burung kesayangan kita. 
Mari sama2 kita pelajari bagaimana sih memahami karakter burung dan hal apa saja yg menjadi perhatian dalam prosesnya. 

1. Luangkan waktu. Anda harus punya waktu khusus untuk sekedar berinteraksi dan memperhatikan setiap gerak-gerik, merekam dan mencatat semua kebiasaan burung dalam memori anda. 
atur sendiri waktu sesuai kebutuhan dan kesibukan.
2. Pemperhatikan. Garis besar mengenai Hal-hal yang menjadi perhatian khusus dalam usaha memahami karakter burung biasanya tidak jauh-jauh dari beberapa hal berikut ini:
>> Makanan
- Perhatikan jenis dan merk makanan kesukaannya. 
Apa yg dimakan dan apa yg tidak disukainya, Baik makanan utama maupun EF (Extra Fooding)
- Tips: Beri makanan utama yang campur dimana ingredient (kandungannya) paling lengkap contoh:Super OMEGA karena Super OMEGA mengandung bahan-bahan yang dapt memenuhi kebutuhan pakan yang diperlukan pada Lovebird Dan beberapa macam EF sekaligus. Cek sisa makanan yang tersisa didalam cepuk/kandang maka anda akan tahu apa saja yg dimakan dan tidak dimakan.
>> Mandi
- Perhatikan cara mandi yang paling bisa membuatnya terlihat senang dan perhatikan waktu dan urutannya. Sebisa mungkin kita kasih tempat yg cukup besar untuk dy mandi, kalaupun harus di semprot, usahakan semprotan yang paling kecil, semprot perlahan
>>Penjemuran
- Sinar matahari terbaik yg mengandung vitamin yg bermanfaat adalah sinar matahari dibawah jam 10. Maka lakukanlah penjemuran diantara range waktu jam 7-10pagi.
- Yang perlu diperhatian dalam penjemuran adalah urutan ritualnya apakah Mandi dulu lanjut jemur atau Jemur Dulu lanjut mandi serta Durasi (lama-nya) waktu pemjemuran.
- Tips: Perhatikan kondisi burung saat penjemuran utk menentukan durasi (lama-nya) waktu pemjemuran. Apabila badan sudah terlihat mengencang dan paruh sudah terlihat terbuka menandakan terengah2 maka hentikan penjemuran. Sewajarnya penjemuran harus disesuaikan kemampuan burung tidak dipaksakan terlalu lama yang malah bisa merusak kesehatan burung. 
>>Kandang
Semua mahluk hidup termasuk burung sebenarnya memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Sebenernya accessories apapun yang kita tentukan dalam kandang seiring berjalannya waktu akan dapat diadaptasi dengan baik tergantung tingkat kemampuan adaptasi yang berbeda2 yang menentukan cepat atau lamanya. Hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini yakni terkait dengan:
- Tangkringan, cepuk dan alas ruji bawah. Untuk itu jangan sampai salah pemilihan Bahan, Jenis dan Ukuran dari alat2 accessories tersebut.
- Tips: 
>Untuk pemilihan cepuk (Bahan, Jenis, Ukuran). Perhatikan karakter cara makan nya, apakah tipe yg rapih atau yang suka membuang makanan?. Perhatikan karakter mandinya apakah mandi semprot atau mandi sendiri
>Untuk pemilihan tangkringan. Perhatikan tingkah laku nya. Apakah karakter yang aktif/Gesit atau pembawaannya tenang?. Ini untuk menentukan Jumlah dan model tangkringan yg akan digunakan.
Untuk menentukan Jenis/Bahan/Ukuran tangkringan yang paling cocok tentunya dengan terus melakukan percobaan lebih jauh dengan selalu memperhatikan tingkat kenyamanannya setiap kali mencoba.


>> Lingkungan
Penempatan pada lingkungan yang tidak sesuai dengan karakternya bisa merusak mood burung dan pastinya menyebabkan burung tidak bekerja dengan baik saat dilombakan.
Sekarang anggap saja semua burung lomba berkarakter fighter, maka kita kesampingkan dulu yang tidak fighter Dalam karakter fighter pun masih ada yang perlu dipahami, anda harus memperhatikan apakah burung anda memiliki Ego yang tinggi atau masih bisa bersosialisasi?
- Perhatikan tingkah lakunya saat berada dirumah, seandainya memiliki burung lebih dari satu ekor atau ada banyak.
- Tips:
> Jika terlihat gelisah dan cenderung menjadi nakal saat ada suara sahut2an dari burung lain atau saat melihat burung lain saat dijemur, mungkin burung anda termasuk yang memiliki ego tinggi. Untuk yang seperti ini penanganannya tidak cukup sekedar melakukan pengkrodongan secara full, bisa saja dia minta di sendirikan atau dijauhkan dari burung lain.
> Jika sebaliknya dari diatas, burung tidak terganggu dengan kehadiran burung lain. Mungkin burung anda termasuk yang memiliki karakter Toleran dan penanganannya bisa hanya dengan melakukan pengkrodongan saja.

>>Birahi
Birahi menjadi salah satu faktor yang sangat penting juga untuk diperhatikan. Dengan memahami karakter birahinya tentu semakin memudahkan dalam menyatukan rangkaian2 hal yg wajib diperhatikan tadi dari point 2.1-2.5 untuk menjadi rangkaian puzzle yang utuh. Perhatikan apakah karakter birahi burung anda termasuk Tipe yang lambat atau cepat?. ini erat kaitannya dengan Takaran,Jenis dari Pakan utama dan EF-nya. Pola mandi dan durasi jemurnya dan nantinya bermanfaat untuk menentukan ritual yang tepat dilapangan selama persiapan sebelum gantang, Apakah perlu dikrodong/buka krodong?, Dijauhkan/ didekatkan dr burung lain & gantangan?, Ditrek dulu/tidak?, Dijemur dulu/tidak?, Dimandikan/tidak?

3. Mencatat.
Catatlah atau sekedar mengingatnya dalam memori anda, semua karakter yang sudah anda pahami dari burung anda. Sehingga anda akan cepat mengetahui dan mengambil penanganan yang tepat jika suatu saat terjadi perubahan karakter pada burung anda yang mana hal tersebut bisa disebabkan bermacam2 faktor.
Dengan usaha memahami karakter ini, dapat dipastikan bahwa kita sudah mendapatkan modal 50% lebih pola rawatan/ settingan harian yang tepat untuk burung kita. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tentunya masih harus di lanjutkan dengan konsistensi rawatan harian dan terus melakukan percobaan - percobaan untuk mendapatkan settingan lomba yang tepat. Dengan menguasai keterampilan pemahaman karakter ini akan memudahkan anda bermain burung apapun, tentunya dengan sedikit tantangan yang berbeda tiap jenisnya.
Wajib di ingat! bahwa tidak ada cara cepat untuk membuat seekor burung bisa tampil bagus di arena lomba. Semua ada prosesnya dan semua ada waktunya, jadi nikmati saja semua prosesnya dengan sabar dan jangan menjadikan Juara sebagai Tujuan akhir. Motivasi untuk terus belajar dan belajar mencetak burung berkualitas adalah yang penting.


Semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment