Tuesday, October 20, 2020

Inilah 5 Kesalahan Fatal saat Merawat Burung Murai Batu

 Jangan Salah, ini 5 kesalahan sobat kicau mania dalam merawat Murai Batu. 



Halo sobat kicau mania, pada artikel kali ini saya akan bahas Tentang Burung Murai Batu yang kini lagi naik daun lagi. Burung yang menjadi primadona para kicau mania ini emang gak ada Matinya untuk di perbincangkan. 

kali ini saya akan bahas mengenai hal apa saja yang tidak boleh di lakukan dalam perawatan Burung Murai Batu, agar sobat kicau mania tidak salah dalam melakukan perawatan pada burung Kesayangan. jangan sampai Burung yang kita rawat bukannya Gacor malah Rusak. 

Oke langsung saja tidak usah panjang Lebar ini lah 5 kesalahan saat merawat Murai Batu.

1. Proses Masteran.

 Ini menurut saya sangat penting oleh sebab itu saya taruh ini di urutan pertama. jangan salah Materi Murai Batu di Gantangan sangatlah di pengaruhi pada proses mastering ini. jangan sampai sobat kicau mania salah dalam proses Mastering ini.

 Banyak sobat kicau mania pemula melakukan Mastering dengan Mp3, ini tidak salah asal suaranya pelan, mp3nya suaranya jernih, karena burung Murai akan merekam suara yang di dengar dengan jelas. pilih lah mp3 masteran yang suaranya hampir sama dengan suara burung aslinya, dan Temponya pelan ada jeda beberapa detik, dan dilakukan continue. Alangkah lebih baik kalau pemasteran   Murai batu dengan Burung asli yaitu dengan di sandingkan dengan Burung Burung kecil, Burung masteran  seperti Love bird, Kenari, Kapas tembak, Cucak jenggot, cililin dll. dalam 1 Ruangan. 


2. Burung Lain  dalam satu rumah.

  ada 3 Burung Yang kurang baik buat Murai Batu. Baik dari segi mental ataupun Marteri Isian. dan sebaiknya 3 Burung Ini tidak Berada satu rumah dengan Murai Batu, Terlebih jika niat anda merawat Murai batu Untuk Contest atau Gantangan.

 3 Burung itu Antara lain yaitu : Kacer, Cucak Hijau, Anis. 3 Burung Ini akan sangat Fatal jika di sandingkan satu Rumah dengan Murai Batu kita. dari sumber YT Bang Boy juga pernah di bahas kalau 3 Burung ini Tidak baik buat Mental dan Isian Murai. karena ke 3 Burung ini mempunyai shifat menirukan Suara, Mental Murai batu akan sangat terganggu jika 3 Burung ini ada satu dalam Rumah. ketiga burung ini bisa menirukan Suara Murai batu sehingga dikira Lawan Bagi Murai Batu kita. Alhasil saat di gantang Burung kehabisan Tenaga karena di rumah meladeni 3 Burung tersebut.

Apa lagi kacer, sifatnya menyerang, sesama Burung Fighter kedua burung ini Akan saling serang, Adu suara, kalu Mental Murai Batu kita Tidak bagus bisa jadi down Mental dan Tidak mau Bunyi, Tentu saja sobat Kicaumania Tidak mau kan itu terjadi pada Burung Kesayangan Sobat kicaumania. Jadi pikir pikir dulu kalau mau Merawat Kacer dalam 1 rumah dengan Mura batu.

3. Embun Pagi dengan Di masterin

  Embun Pagi Ini wajib banget Di lakukan Buat Murai Batu, selain Untuk mengontrol  Birahi Murai Batu, Selain Itu Embun Juga berfungsi Untuk relaxasi Burung, Dimana Burung Kicau Akan Berkicau Kencang di pagi hari, karena Suasananya sejuk dan menyegarkan. jangan sampe proses Embun Ini de Barengka dengan Proses Mastering, Karena ini akan sia sia. alih2 bukannya Burung Rilex Malah Mengganggu. Karena Burung akan menyautin Suara Masteran, karena di kira ada Lawan di area dia. 

4. jemur saat Burung Basah. 

   Dalam Penjemuran biasanya setelah Mandi kita nggak sabar dan langsung menjemurnya, supaya Burung cepat kering, Ternyata Ini salah, selain merusak Bulu Ini juga Berpengaruh Pada kebugaran Murai Batu. Usahakan Setelah di mandikan, angin anginkan dulu sampai kering, jika di rasa sudah kering bolehlah langsung di jemur.

   kita sering Kali menjemur Burung dengan Pakan dan Minuman masih ada dalam sangkar, ini percuma. karena Tujuan penjemuran, selain untuk kesahatan BUrung juga bertujuan untuk Membuat Tenaga Burung Optimal dan Melatih ketahanan Murai agar punya fisik yang Prima. 

5. Gantang Murai Sesuka Hati.

   Ini tak kalah penting dari Ke empat Kesalahan di atas, Ambisi kita saat Menang gantang Murai kadang membuat Murai Malah jadi Rusak. Oke Hari ini menang, besok atau Lusa kita pengen Gantang lagi, iya Burungnya mantap mentalnya pas di gantang pertama apa anda yakin besok akan seperti itu lagi,,?? Mental Murai Kalau sering ketemu lawan, apa lagi lawannya yang lebih mapan pasti juga lama2 down. apa lagi jeda waktunya yang terlalu cepat. kita tidak tau kan lawan Hari ini yang di gantangan Murai yang seperti apa yang di gantang. Untuk Itu kasih Interval waktu Gantang, jangan Terlalu sering, Mungkin bisa 2 Minggu sekali, kalo di rasa terlalu lama bisa juga 1 minggu sekali. itu untuk menjaga Mental dan kondisi Murai Batu.


Nah Itu Merupakan 5 Kesalahan Bagi pemula dalam Perawatan Murai Batu, Alangkah lebh baik kita Hindari. Karakter burung Berbeda beda mungkin punya tetangga tidak masalah dengan 5 kesalahan di atas, ya itu mental burung dan kondisi Burung dia Bagus, Burung kita kita tidak tahu, apa lagi beli Burung bahan. Lebih baik menghindarihal tersebut agar burung kita jadi sesuai yang kita inginkan.

semoga artikel Ini bermanfaat buat para sobat kicau mania, 

0 comments:

Post a Comment