Friday, July 1, 2016

JENIS KENARI /PERSILANGAN KENARI UNTUK PEMULA >>Pemahaman Jenis-jenis Kenari seri F1,2,3

Arti Sebenarnya dari Kenari Seru F

Tahukah anda, bahwa F1 atau F2, dan F 
yang lainnya itu bukanlah nama atau jenis varian kenari. 

Kebanyakan orang menganggap F1 adalah nama kenari, 
padahal itu adalah istilah,  bukan nama ataupun jenisKenari. Arti yang sebenarnya dari  kenari F1 adalah burung kenari yang dihasilkan dari persilangan/perkawinan dua kenari yang berbeda. 
Sebagai contoh,  seekor kenari f1 ys adalah anak(hasil persilangan) dari kenari lokal dan kenari import jenis yorkshire.
______
Kenapa disebut F ? F adalah  singkatan dari Filial. Fillial adalah keturunan. 

Contoh lagi, 
kita mempunyai kenari yorkshire impor murni,  dan kita kawinkan dengan kenari lokal,  maka anakan tersebut nantinya adalah Filial Pertama (F1).  Bisa disebut sebagai F1 Yorkshire, atau F1 Lokal.

Begitu juga jika kita silangkan yorkshire tadi dengan kenari jenis lain, maka F1 nya bisa kita sebut F1 yorkshire maupun F1 jenis lain tersebut.

  • Ciri Kenari F1
Mengenai ciri, kita jangan terpaku dengan apa kata orang, 
ada yang bilang F1 postur besar dan lain - lain. 
Perlu kita teliti lebih lanjut dan kita runut garis keturunannya. 
Karena karakter kenari F1  pada dasarnya berasal dari karakter induk 
yang benar - benar ingin kita capai se-mirip mungkin. 
Dan untuk menuju "kemiripan" tadi kita harus terus menyilangkan 
dengan benar mulai dari F1, F2, F3 dst. Semakin banyak angka, maka semakin mantab dan mirip dengan tujuan awal kita, namun proses yang ditempuh cukup panjang.

Contoh :
 kita mengawinkan kenari Yorkshire,  dengan jenis lokal. Jika kenari lokal tersebut memiliki performa dan kicauan yang bagus namun berpostur kecil, maka anakan pertama(F1) tersebut dapat 
memiliki gen yorkshire yang berpostur besar, panjang, jinggring namun kicauan suara kenari f1 tersebut bagus, tertolong oleh genetik dari kenari lokal. Nah, itulah tujuan sebenarnya dari persilangan, intinya untuk memperbaiki keturunan.
 Jadi, mengenai ciri kenari f1, sebaiknya anda sesuaikan dengan indukan di atasnya. Tanyakan kepada penjual mengenai riwayat burung kenari tersebut 
sehingga kita dapat mudah dalam melakukan persilangan ke depannya.
untuk spesifikasi burung kenari yang bagus bisa baca disini



   Persilangan Kenari Lanjutan (F2, F3 dst)

  Setelah anda memahami mengenai F1, alangkah baiknya merangkak ke hal yang lebih dalam, 
agar ilmu yang kita dapatkan juga semakin banyak. 
Yaitu mengenai persilangan lanjutan, F2, F3 dan F selanjutnya. Hal ini dapat kita jadikan pelajaran,sehingga dalam menyilangkan burung kenari kita tidak hanya asal - asalan, tetapi tersusun rapi runut dari awal hingga akhir genetiknya, orang yang mampu dan mau melakukannya bisa disebut sebagai orang yang sukses ternak kenari. Supaya mudah, kita buat "perumpamaan" F dari kenari yorkshire
  1. F1 YS atau Kenari F1 Yorkshire adalah  Anakan hasil persilangan yorkshire murni denga kenari jenis lokal. Bukan yorkshire murni dengan yorkshire murni.
  2. F2 YS atau Kenari F2 Yorkshire adalah Jika kenari f1 betina maupun jantan diatas kita silangkan dengan Yorkshire murni, maka hasilnya disebut F2 YS atau filial kedua YS.
  3. F3 YS atau Kenari F3 Yorkshire Sama dengan diatas, jika kenari F2 Yorkshire diatas kita kawinkan lagi dengan jenis Yorkshire murni, maka akan tercipta filial ketiga atau F3.
  4. F selanjutnya, prinsipnya sama. Apapun yang ingin kita capai, entah postur maupun warna, semakin banyak angka di belakang F, maka suatu saat akan mencapai genetik yang pasti (fixed strain), biasanya diatas F4.

    Setelah anda memahami mengenai garis keturunan burung kenari, jangan hanya berfikir untuk memenuhi selera pasar. Sebaiknya anda mulai berfikir untuk menemukan strain sendiri. Sehingga anda memiliki sesuatu yang khas yang dapat mengangkat nama anda sebagai ahli dalam ternak kenari varian tertentu.
Smoga Bermanfaat salam kicaumania

0 comments:

Post a Comment