Friday, May 12, 2017

Mengungkap MANFAAT PASIR LAUT, TOTOK SOTONG ATAU GRIT UNTUK breding Love bird



MANFAAT PASIR LAUT / ASINAN UNTUK LOVEBIRD




           Lovebird merupakan Burung pemakan biji bijian, dimana  love bird mempunyai sistem pencernakan yang disebut “Ampela” . sama halnya dengan lambung pada manusia Ampela juga berfungsi untuk mencerna makanan, namun seperti yang kita ketahui burung tidak mempunyai gigi untuk mengunyah makanan sebelum masuk kesaluran pencernaan, nah disinilah fungsi  Ampela pada burung, khususnya love bird dan burung pemakan biji lainnya. (Baca juga Manfaat Bambu Gila pada LOve bird)

          Ampela  berfungsi untuk membantu meremuk biji-bijian, seperti layaknya manusia. Namun system pencernaan ampela ini tidak begitu baik, ampela memerlukan bahan2 seperti  pasir, totok sotong, grit untuk membeantu meremukan biji bijian. Ampela menggunakan pasir/tulang sotong /grit untuk memecah biji dibantu dengan asam lambung. Oleh sebab itu pada saat kita memotong ayam pun sering kita jumpai banyak batu2 kecil pada ampela.

           Grit/pasir/totok sotong yang  dimakan oleh burung lovebird akan  mendiami galur-galur ampela, membantu meremukkan biji-bijian menjadi butiran yang lebih halus. Sedangkan  grit sendiri hancur dengan segera menjadi seperti pasir halus, atau jika mempunyai sifat larut seperti batu kapur, akan larut dalam ampela dan asam lambung dan otomatis juga  mensuplai kalsium kedalam  telur dan tulang. Bila gritnya tidak larut, seperti granit dan kwarsa maka  akan keluar bersama kotoran.

         Nah mungkin itu segelintir penjelasan tentang system pencernaan Love bird.  Lantas apa manfaat lain dari pasir laut, totok sontong, grit dalam dunia breeding lovebird  ??

       Seperti yang kita ketahui  pada totok sotong banyak mengandung kalsium, kalium dan mineral. Mineral dalam tulang sotong  berupa sodium klorida, garam magnesium, kalsium karbonat, serta kalsium fosfat. Kandungan ini sangat di perlukan Indukan Love bird terutama pada saat Love bird bertelur. Kalsium dan  garam magnesium akan di serap kedalam peredaran darah dan di bawa ke saluran telur dan pada saat itulah cangkang telur yang awalnya masih lunak akan Mengeras dengan bantuan kalsium dan zat zat lain.




          Nah,, oleh sebab itu sangat di anjurkan Para breeder Burung Love bird Untuk memberikan makanan tambahan seperti Pasir laut, totok sotong, atau grit pada saat Burung Love bird sedang bertelur. Namun alangkah lebih baik di lanjutkan pemberian tulang sotong ini selama masa pengeraman karena burung betina membutuhkannya untuk melengkapi kebutuhan akan kalsium dan magnesium setelah bertelur. Bahkan pada saat indukan meloloh/ memberi makan anak pu perlu tambahan makanan ini. Sebab bayi love bird Waktu keluar dari telur untuk pertama kalinya sangat membutuhkan kalsium, magnesium karbonat dan fosfat untuk kepentingan pembentukan tulang, bulu dan darah.

          Sebagai contoh burung yang cacat kakinya atau kukunya kemungkinan besar kekurang zat ini. Sangat mengejutkan bahwa banyak pecinta burung mengesampingkan pemberian makanan tambahan ini. dasar kebenaran untuk masalah ini adalah tidak maunya beberapa jenis burung mengkonsumsinya. Bagaimanapun kenyataan secara biologis  burung jenis gelatik liar atau burung pemakan biji-bijian, mencari dan mengkonsumsi grit setiap harinya.

    Selain Untuk Makanan tambahan pasir laut juga bermafaat  Untuk menyetabilkan suhu kandang.  jadi sangat lah di anjurkan untuk memberi pasir laut pada kandang ternak lovebird.

     Nah mungkin itu segelintir manfaat pasir laut, totok sotong atu grit dalam dunia breeding khususnya burung love bird.
       Jika ada masukan lain dari sobat kicau mania bisa di tulis d, kolom komentar. Berbagi ilmu dan  mari belajar bersama dan maju bersama dalam dunia breding khususnya burung love bird.
Semoga ini bermanfaat bagi sobat kicau mania.

1 comments: