Sunday, May 7, 2017

Terbongkar,,!! Begini cara agar ternak love bird panen terus untung terus.



           Telur burung Lovebird gagal menetas. Kasus seperti ini mungkin banyak di alami para Breder Burung love bird, bahkan kadang para senior yang sudah lama berkecimpung dalam dunia breeder lovebird pun pernah mangelami hal semacam ini. 


             Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang menurut banyak kicau mania gampang gampang susah untuk di budidayakan atau di tangkarkan. Sebenarnya gampang atu susahnya itu semua tergantung Hoki kita dalam dunia breeder. Namun  apa cukup mengandalkan  Hoki untuk jadi seorang breeder sukses.
              Buat para pemula mungkin ini jadi hal yang susah, apa lagi jika dia seorang yang tidak hoki. Pemula biasanya berfikir asal beli burung love bird yang sudah pernah produk pasti nanti kedepannya lancar,namun  pendapat itu tak selamanya benar , sebab beda tangan beda pula rawatannya, jangan di kira burung lovebird untuk ternak/ breding tidak memerlukan perawatan.
              Sama halnya dengan burung love bird untuk lomba, Burung love bird yang akan di ternak pun memerlukan perawatan. Entah dalam segi makanan, minum ataupun kandangnya, oleh sebab itu banyak pemula yang gagal karna menyepelekan hal tersebut.

Ok,,,,, langsung saja kita bahas tentang knapa telur love bird gagal menetas, atau lebih tepatnya memaximalkan penetasan telur.

  1.            Yang pertama tentu kita lihat dari segi  kelamin burung lovebird itu sendiri. Pastikan kalau yang anda ternakan itu lovebird jantan dan betina. Karna sering kali terjadi pasangan sesama jenis atau bahasa kerennya (LGBT). Untuk membedakan love bird jantan dan betina anda bisa browsing menghabiskan sedikit kuota internet, atau anda bisa pula bertanya pada teman atau kerabat yang pastinya punya banyak pengalaman dalam dunia breeding burung love bird.
  2.          Setelah memastikan kelamin burung love bird yang akan di ternakan selanjutnay yaitu pemberian pakan. Pada umumnya para breeding memakai milet putih sebagai pakan harian, untuk pakan EF,y bisa kita berikan kangkung, toge dan jagung, di selang seling 2-3hari sekali. Selain itu kita juga perlu memberikan pakan yang mengandung iodium, kalsium, dan kalium karna itu di butuhkan indukan lovebird yang sedang bertelur. Supaya telur yang di hasilkan berkualiatas Dan mempunyai daya tetas maximal. Biasanya para breeder meberikan totok sotong/ asinan utuk memenuhi kebutuhan iodium, kalsium, dan kalium.
  3.         Yang Selanjutnya kandang ternak. Ini juga berpengaruh terhadap daya tetas telur. Disini yang pertama  kita bahas mengenai kebersihan kandang. Karena hal ini pun berpengaruh dalam menetas tidaknya telur. Sebab kandang juga mempengaruhi kenyamanan indukan saat pengeraman. Jaga selalu kebersihan kandang, terutama dalam glodek /tempat bertelur love bird.biasanya dalam glodok di bagian dasarnya (di bawah sarang)terdapat banyak sekali serangga2 kecil. Kadang malah ad ulat kecil-kecil.serangga serangga  tersebut sangatlah mengganggu kenyamanan indukan saat pengeraman, itu sebabnya kadang indukan sering keluar glodok padaat pengeraman. Padahal untuk hasil yang maximal pada saat awal dan akhir masa pengeraman butuh suhu yang stabil. Jika hal itu terjadi anda bisa menyemprotnya dengan desinfectan di sekitar kandang, pastinya yang tidak berdampak buruk pada indukan
  4.           Yang selanjutnya lokasi. Lokasi penempatan kandang ternak pun sangatlah berpengaruh pada hasil tetas. Kurangnya pencahayaan,tempat terlalu berisik/ ramai pun jadi salah satu penyebab banyak telur yang gagal menetas. Usahakan tempatkan kandang ternak pada tempat yang tenang dan usahakan ada sinar matahari yang langsung mengenainya, karna itu sangatlah penting buat kualitas telur dari indukan.  
  5.         Yang selanjutnya tentunya kesabaran. Banyak para breder gagal karena tidak sabar. Di awal sudah saya jabarkan untuk breeding love bird itu gampang-gampang susah, banyak yang berhasil juga pasti mereka pernah mengalami masa susahnya, tapi mereka yang berhasil pastilah tidak menyerah hanya karena gagal menetas 1 kali, 2 kali, 3kali, 5kali, bahakan berkali. Namun mereka pasti belajar dari hal itu. Apa dan kenapa mereka gagal.


       Perlu di ingat,  lamanya pengeraman telur love bird beda dengan burung kicau. Karena love bird sebenarnya bukan lah burung kicau Namun termasuk burung hias paruh bengkok. Jika pada umumnya burung kicau lama pengeraman itu kurang lebih 14 hari, pada lovebird lama pengeraman sekitar 21 hari. Itu mungkin di karenakan cangkang dari telurnya lebih tebal.

         Ok mungkin itu segelintir step untuk memaksimalkan penetasan telur love bird. Terus Pahamilah karakter burung anda. Janagn pernah malu untuk bertanya kepada mereka yang sudah berhasil. perbanyak pengetahuan dari internet juga. Karna setiap usah pasti nanti akan menuai hasil.

       Jika ada masukan atau tambahan dari teman teman sobat kicau mania bisa di tulis di kolom komentar. Berbagi itu indah, saling sharing agar kita bisa maju bersama.
silahkan boleh di share jika artikel ini bermanfaat. ber bagi itu indah.


           Salam kicau mania,, Asalamualaikum, semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment